Indonesia Berhasil Swasembada Beras. Ini Data Produksi Beras Tiap Tahunnya

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:25 WIB
Gudang beras
Gudang beras

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Presiden Jokowi mengungkapkan Indonesia berhasil swasembada beras diawali dengan peningkatan insfrastruktur pertanian secara besar-besaran. Jokowi menyebut sejak tahun 2015 pemerintah telah giat membangun infrastruktur di bidang pertanian, seperti bendungan, embung, dan jaringan irigasi.

“Seingat saya, sampai hari ini telah diresmikan 29 bendungan besar dan tahun ini akan selesai lagi totalnya 38 bendungan. Dan sampai tahun 2024 akan kita selesaikan kurang lebih 61 bendungan plus embung 4.500 embung, dan 1,1 juta jaringan irigasi yang telah kita bangun selama 7 tahun ini,” ujar Jokowi.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi usai menerima penghargaan Swasembada beras dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) pada Minggu, 14 Agustus 2022 di Istana Merdeka Jakarta.

Baca Juga: Presiden Jokowi Berkomitmen Sediakan Pangan Nasional Sekaligus Dunia

Tak hanya peningkatan infrastruktur pertanian, kata Jokowi, pemerintah juga memanfaatkan varietas-varietas unggul padi serta program intensifikasi dan ekstensifikasi memacu peningkatan produksi pertanian beras di tanah air sehingga Indonesia berhasil berswasembada.

Lebih lanjut Presiden Jokowi memaparkan data produksi beras. Pada tahun 2019 produksi beras di tanah air sebesar 31,3 juta ton, jumlah yang sama dengan produksi di tahun 2020 dan 2021. Adapun stok beras yang dimiliki Indonesia hingga akhir bulan April 2022, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), mencapai 10,2 juta ton.

“Inilah yang menyebabkan kenapa pada hari ini diberikan kepada kita sebuah sertifikat bahwa Indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah swasembada pangan,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Menerima Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI

Presiden Jokowi Menerima Penghargaan dari FAO

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X