Muhibah Tiga Negara, Jokowi Bawa Pulang Investasi Senilai Rp 175 Triliun

- Jumat, 29 Juli 2022 | 21:34 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi tiba di tanah air pada Sabtu pagi usai lawatan luar negeri selama satu pekan. pekan ((Sekretariat Presiden))
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi tiba di tanah air pada Sabtu pagi usai lawatan luar negeri selama satu pekan. pekan ((Sekretariat Presiden))

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Presiden Joko Widodo baru saja pulang dari kunjungannya ke China, Jepang, dan Korea Selatan pada 26 sampai 28 Juli 2022.

Agenda utama yang dibawa Presiden Jokowi dalam kunjungannya itu terkait ekonomi dan bisnis.

Dari China, Presiden Jokowi berhasil mendapatkan order kelapa sawit sebanyak 1 juta ton dan terbukanya peluang ekspor nanas.

Baca Juga: Indonesia dan Korsel Sepakati Empat Fokus Kerja Sama Bilateral untuk Pembangunan IKN

Sementara dari Jepang dan Korea Selatan, Presiden Jokowi berhasil membawa pulang investasi senilai Rp 175 triliun.

Melalui IJEPA (Indonesia - Japan Economic Partnership), Presiden Jokowi mendapatkan komitmen investasi senilai US$5,2 miliar atau setara dengan Rp75,4 triliun. 

Menurut Jokowi, investasi Jepang itu untuk percepatan penyelesaian proyek strategis, sehingga uang itu masuk pada banyak bidang. Perusahaan yang bernvestasi  di antaranya Mitsubishi Motor Company (MMC) dan Toyota Motor Corporation (TMC). Keduanya bergerak di bidang pabrik otomotif.

Selanjutnya investasi untuk pembangunan perhubungan dan transportasi. Di antaranya kelanjutan Pelabuhan Patimban tahap I hingga tahap III melalui lembaga pembiayaan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Baca Juga: Ekspansi Mobil Listrik, Hyundai Motor Jadikan Indonesia Basis Penelitian dan Pengembangan

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X