Penurunan Wisatawan Mancanegara Akibat Pandemi Covid 19, Sandiaga sebut Prokes dan Vaksinasi Kunci Pemulihan

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:52 WIB
Sandiaga Uno (Pikiran Rakyat)
Sandiaga Uno (Pikiran Rakyat)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Pandemi Covid-19 telah berdampak negatif bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Gara-gara pandemi, pemerintah harus membatasi wisatawan asing yang masuk ke Indonesia serta menutup banyak tempat wisata. Kebijakan itulah yang menyebabkan pelaku usaha pariwisata mengalami krisis penghasilan.

Menurut catatan statistik, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2020 ke Indonesia hanya 4.052.923 orang atau mengalami penurunan sebesar 74,84 persen dibandingkan tahun 2019 yang berjumlah 16.108.600 orang.

Kunjungan wisman melalui tiga pintu besar dari 26 pintu masuk utama tahun 2020 dibandingkan bulan Desember 2019  menunjukkan penurunan tajam. Bandara Ngurah Rai turun 83,02 persen, Soekarno-Hatta turun 82,01 persen, serta Batam turun 84,84 persen.

Untuk meningkatkan kembali kunjungan wisatawan mancanegara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyebut protokol kesehatan dan vaksinasi dapat menjadi kunci pulihnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga Uno memaparkan, saat ini penduduk Indonesia sudah lebih 100 juta orang yang telah mengikuti vaksinasi. Sementara itu, mobilitas perumahan seperti sekolah, kantor, tempat rekreasi dan penjualan ritel mengalami peningkatan sekalipun di masa PPKM. Fakta itu menunjukkan adanya titik terang pertumbuhan ekonomi kreatif. Oleh karena itu vaksin dan prokes menjadi solusi untuk menggiatkan kembali ekonomi kreatif.Paparan itu disampaikan Sandiaga Uno saat mengikuti World Marketing Forum (WMF) 2021 yang diselenggarakan secara virtual, pada Sabtu, 23 Oktober 2021.

Lebih lanjut Sandiaga Uno menyampaikan, meski secara garis besar ekonomi kreatif mengalami penurunan, tapi ada pengecualian pada subsektor televisi, radio, aplikasi, dan game developer. Begitu juga, proporsi kontribusi subsektor kuliner, fashion, dan kriya tidak berubah signifikan.

Di samping itu, kondisi Indonesia saat ini sudah beraktivitas dengan adanya kalibrasi untuk peningkatan kuantitas dan kualitas pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian Sandiaga Uno menghimbau, untuk mempercepat pemulihan ekonomi kreatif yang aman di tengah pandemi,  hendaknya seluruh masyarakat menggunakan aplikasi pedulilindungi guna memantau kasus penyebaran covid-19 ini, dan sebagai upaya penekanan pandemi Covid 19 di tengah mobilitas warga.***

Berita ini pernah tayang di Suara Merdeka.com yang berjudul Vaksinasi dan Prokes Kunci Pulihnya Sektor Parekraf.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Suara Merdeka

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X