PON XX memberika Efek ekonomi UMKM warga di sekitarnya, salah satunya Penjual Sop Raup Keuntungan

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 07:28 WIB
kedai sop di sekitar gelaran PON XX Papua (RRI)
kedai sop di sekitar gelaran PON XX Papua (RRI)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Papuan. Penjual makanan di pinggir Jalan Raya Mandala, Merauke, meraup keuntungan hingga 3 kali lipat semenjak adanya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang bergulir di sekitar wilayah yang berjuluk Kota Rusa itu.

Padahal saat ini sedang dalam situasi dan kondisi pandemi yang mengharuskan pemilik warung atau kedai makanan untuk menutup lebih cepat daripada hari normal biasanya. Namun efek dari PON yang bergulir di Papua sebagai tuan rumah, membantu dari segi aspek perekonomian masyarakat, khususnya UMKM.

Seperti yang dirasakan pemilik kedai makanan yang menyajikan beraneka kuliner jenis Sop, di pinggir jalan sekitar Merauke, Juned menerangkan dari yang biasanya sepi, kini ramai pengunjung dari berbagai daerah untuk menyantap hidangan yang disajikan olehnya.

"Wah pas lagi pandemi gini dan pas ada PON ini terbantu banget. Yang biasanya sepi pas masuk PON pertama kali Papua kondisi warung makin rame. Jadi plus lah," ucap Juned disela kesibukannya melayani pengunjung, Jumat (8/10/2021).

Kedai tersebut menyajikan berbagai macam makanan dengan menu utama ialah sop dan sate. Yakni seperti sop kaki kambing, sop betawi dan sop ayam. Untuk sate sendiri menyediakan sate kambing, sate sapi, sate rusa, sate ayam dan bebek pakleko.

Sejauh ini, semenjak ajang multi event berlangsung di Bumi Cendrawasih tepatnya kabupaten Merauke, Juned mengaku keuntungan yang didapat hingga 3 kali lipat.

Meraup keuntungan ditengah krisis pandemi seperti ini menurutnya sangat baik untuk mendukung para UMKM. Padahal PON berjalan masih cukup lama.

"Untuk pemasukan kita hitungannya naik 3 kali lipat. Yang biasanya standar aja, semenjak ada PON, baru berjalan seminggu udah naik pendapatannya," kata pria berkacamata itu.

Juned sangat bersyukur atas apa yang dilakukan oleh pemerintah Papua untuk siap menjadi tuan rumah pelaksanaan PON. Karena dari hal tersebutlah dapat membantu perekonomian masyarakatnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: RRI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X