Bisnis Pengisi Suara, Penghasilan Puluhan Juta Tiap Bulan

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 20:48 WIB
Didik Wijatno pendiri D2 VOICE (Agus Mukti)
Didik Wijatno pendiri D2 VOICE (Agus Mukti)

 

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Didik Wijatno, mantan praktisi penyiaran radio kini mendirikan Production House (PH) dengan nama D2 VOICE yang berlokasi di Jl. Dharma Bakti no 65 Kebulen kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Production house ini melayani pengisian suara atau Voice Over (VO) untuk keperluan produksi periklanan, film maupun animasi.

Pendiri D2 VOICE yang juga pernah menjadi ketua Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) cabang kota Pekalongan selama dua periodeTahun 2017-2019 dan tahun 2019 -2021 ini sudah banyak mengisi suara pada sejumlah produksi iklan nasional , juga film animasi diantaranya produksi iklan Toyota, Gojek, Gudang Garam, PT. Tempo, Antam, Mobile Legend dan lainnya.

Bisnisnya saat ini berawal dari kegilaannya di dunia suara khususnya radio. Ia mengawali kariernya menjadi penyiar radio di tahun 1996 saat siaran radio masih menggunakan system analog sebelum berkembang ke sistem digital seperti sekarang ini. Tercatat ia pernah bekerja di Radio Kota Santri CPP Group, RWS, Amarta Sakti (Rasika Group) dan Walisongo FM.

Menurutnya, saat ini bisnis di dunia Voice Over Talent atau Pengisi Suara cukup menjanjikan, penghasilannya bisa mencapai puluhan juta rupiah tiap bulan. Ia menambahkan, Untuk mendirikan Production House seperti ini cukup mudah, bisa menggunakan salah satu ruangan rumah atau tempat sendiri tanpa harus sewa dan menyediakan peralatan rekaman audio yang diperlukan dengan standar broadcast.***

Editor: Agus Mukti

Tags

Terkini

X