Persaingan Sengit Antara Marketplace Shopee dan Tokopedia, Siapakah Marketplace Paling Favorit?

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 20:37 WIB
ilustrasi (pixabay)
ilustrasi (pixabay)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Kita hidup di tengah kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi.Semua hal bisa dilakukan hanya dari jari tangan. Salah satu contohnya adalah transaksi jual-beli melalui marketplace. Platform digital itu untuk melakukan transaksi jual beli online sekarang sedang naik daun. Persaingan dalam e-commerce saat ini sangat tinggi, membuat tiap marketplace berlomba-lomba menjadi marketplace favorite tiap masyarakat.

Dua marketplace raksasa yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia yaitu, Shopee dan Tokopedia. Kedua marketplace tersebut merupakan yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Hal tersebut membuat mereka berlomba-lomba menarik pelanggan dengan adanya berbagai vocher promo, baik ongkir maupun diskon, juga event-event pada tiap tahun/bulannya.

Adanya kesamaan antara dua marketplace tersebut, terkadang membuat kita penasaran; siapakah marketplace yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia?

Dikuti dari https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-012694512/duel-sengit-2021-tokopedia-vs-shopee-mana-jawara-marketplace-sesungguhnya,  dalam laporan The Map of E-Commerce in Indonesia, yang diterbitkan iPrice pada Q2 2021, Shopee menduduki peringkat pertama ranking pada Apple App Store dan Google Play Store. Shoppee memiliki ranking lebih tinggi daripada Tokopedia pada market aplikasi tersebut.

Juga pada data dari App Annie, Shoppee telah tercatat sebagai e-commerce yang paling banyak diunduh baik pada Google Play Store maupun Apple App Store. Aplikasi tersebut juga menjadi marketplace nomor satu yang memiliki pengguna aktif bulanan.

Berdasarkan data SimilarWeb tentang aplikasi e-commerce di Indonesia, jumlah daily active users (DAU) atau pengunjung aktif harian Shopee jauh melampaui aplikasi Tokopedia, bahkan mencapai lebih dari tiga kali lipat. Selama bulan Agustus 2021, jumlah pengunjung aktif harian aplikasi Shopee mencapai 28.35 juta, sementara aplikasi Tokopedia hanya 8.43 juta. Meski begitu, pada laporan dari iPrice, Tokopedia adalah yang lebih unggul daripada Shopee yang memiliki kunjungan web bulanan. Lebih tinggi sekitar 16% dari Shopee. Tokopedia mencatatkan 147.790.000 kunjungan web bulanan dan Shopee dengan jumlah 126.996.700 kunjungan web bulanan. Namun, masalahnya adalah, menurut data GlobalWebIndex (GWI), pengguna pada Q3 2020, sebanyak 78,2% pengguna internet usia 16-64 tahun melakukan belanja online melalui ponsel/tabletnya. Dengan kata lain, sebagian besar pengguna memilih untuk berbelanja melalui aplikasi daripada web.

Adanya hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi e-commerce yang menjadi favorit masyarakaat Indonesia pada saat ini masih dipegang oleh Shopee. Terbukti dari jumlah pengikut pada akun sosial media antara Shopee dan Tokopedia masih unggul pengikut dari Shopee. Pada Facebook, contohnya, Shopee memiliki 25 juta followers, 4 kali lebih unggul daripada Tokopedia dengan total 6,5 juta followers. Sementara pada Instagram, Shopee juga masih unggul dengan 2 kali lipat dari Tokopedia dengan jumlah followers hampir mencapai 8 juta, dan Tokopedia sebanyak 4,3 juta followers.

Tak heran, jika kedua aplikasi tersebut berlomba-lomba memberikan banyak penawaran yang lebih menguntungkan untuk para pelanggan. Hal ini tentu terkait untuk menarik perhatian pelanggan agar menggunakan aplikasi mereka dan selalu menggunakan aplikasi mereka. (Meli) ***

disadur dari https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-012694512/duel-sengit-2021-tokopedia-vs-shopee-mana-jawara-marketplace-sesungguhnya

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X