Sektor Pariwisata Indonesia Mendapat Perhatian Khusus Pemerintah Agar Segera Membaik

- Rabu, 29 September 2021 | 15:09 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

SUARAMERDEKAPEKALONGAN.COM Pemerintah memberikan anggaran sebesar      7, 67 triliun rupiah melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai bentuk dukungan untuk memulihkan sektor pariwisata Indonesia mengingat semenjak mewabahnya virus covid-19 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mengalami penurunan drastis.

Melalui Rakornas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Senin 27 September 2021 yang digelar secara virtual, Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian memaparkan terkait program Bantuan Intensif Pemerintah (BIP) anggaran dinaikkan nyaris 3 kali lipat dari tahun lalu yang semula 24 miliar rupiah menjadi 60 miliar rupiah teruntuk pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Untuk menekan penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2020, pemerintah memberikan dana hibah pariwisata sebesar 3,3 triliun rupiah kepada Pemerintah Daerah dan pada tahun 2021, naik menjadi 3,7 triliun rupiah ditujukan kepada Pemerintah Daerah, industri, hotel dan restoran yang mendapat dampak signifikan akibat pandemi covid-19.

Menko Airlangga juga menambahkan mengenai teknisnya dilakukan dengan mentransfer ke daerah yang ditujukan kepada Pemerintah Daerah Juga berbagai usaha pariwisata di 101 Kabupaten/Kota yakni ibukota 34 provinsi yang masuk dalam 5 destinasi pariwisata superprioritas dan 10 destinasi prioritas. Daerah yang termasuk 100 calendar of event, destinasi branding serta daerah dengan pendapatan dari pajak hotel dan restoran minimal 15 persen dari total PAD tahun anggaran 2019.

Teruntuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) diberikan melalui berbagai program diantaranya Bangga Berwisata di Indonesia, Bangga Buatan Indonesia dan Indonesia Care pada sektor perhotelan dan pariwisata. Tidak hanya itu, pemerintah juga telah merilis berbagai program kreatif seperti Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE).

Dengan adanya berbagai program dari pemerintah, Menko Airlangga berharap sektor pariwisata di Indonesia dapat memiliki tingkat pelayanan yang lebih baik untuk menarik para wisatawan untuk datang berkunjung.

Artikel ini telah dimuat di pikiran-rakyat.com dengan judul: Pulihkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Buat Sejumlah Program Khusus * (Tresia)

 

Editor: Agus Mukti

Sumber: Pikiran Rakyat.com

Tags

Terkini

X