4 Negara Klaim Kebaya sebagai Warisan Budaya Miliknya. Sudah Diajukan ke UNESCO

- Kamis, 24 November 2022 | 23:07 WIB
Kebaya yang identik dengan budaya Indonesia diklaim milik negara lain/gesuri.id
Kebaya yang identik dengan budaya Indonesia diklaim milik negara lain/gesuri.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Empat negara di kawasan ASEAN mengklaim kebaya sebagai warisan budaya miliknya. Empat negara itu antara lain Brunei, Malaysia, Thailand dan Singapura. Bahkan mereka sempat mengajukan klaimnya ke UNESCO. Namun pengajuan mereka belum mendapat persetujuan dari UNESCO.

Fenomena itu menjadi sorotan Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira. Lantas dirinya meminta pemerintah Indonesia agar segera mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya disertai bukti sejarah yang kuat kepada UNESCO.

Baca Juga: Dua Tahun diusulkan, Akhirnya Tempe Mendoan Khas Banyumas menjadi Warisan Budaya Takbenda

Menurutnya pengakuan kebaya sebagai milik Indonesia oleh UNESCO sangat penting. Oleh karena itu pemerintah harus serius melindungi kekayaan budaya dari klaim negara lain.

"Makanya kita Indonesian harus segera mendaftar disertai bukti cultural heritage yang kita miliki tentang kebaya ini," ujar Andreas dikutip dari laman gesuri.id pada Kamis 24 November 2022.

Di samping itu, Andreas berharap agar Indonesia juga mampu memainkan perannya dalam kancah internasional, khususnya di bidang kebudayaan takbenda ini.

"Kalau sudah mendaftar, tentu aspek diplomasi politik dan budaya kita harus memainkan perannya di forum internasional , khususnya UNESCO untuk memperoleh pengakuan kebaya sebagai warisan budaya busana Indonesia," tukas dia.

Baca Juga: Menyelami Koleksi Batik Tertua di Museum Batik Kota Pekalongan

Sebagai informasi, Singapura bakal menominasikan kebaya dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO, dalam upaya multinasional bersama Brunei, Malaysia, dan Thailand.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X