Menag Yaqut : Klenteng Sam Poo Kong Adalah Simbol Murtikuturalisme

- Sabtu, 19 November 2022 | 19:03 WIB
KH D Zawawi Imron, Sosiawan Leak, pelawak ludruk Kartolo dan seniman lainnnya dalam Festival  Seni di Klenteng Sam Poo Kong/kemenag
KH D Zawawi Imron, Sosiawan Leak, pelawak ludruk Kartolo dan seniman lainnnya dalam Festival Seni di Klenteng Sam Poo Kong/kemenag

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Semarang. Klenteng Samp Poo Kong merupakan simbol yang paling kuat dari multikulturalisme, percampuran budaya, agama, etnik, dan banyak hal lainnya. Percampuran tersebut berlangsung alamiah tanpa ada pemaksaan antara sati dengan lainnya.

Pendapat itu disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri Festival Toleransi dan Seni Budaya di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang pada Jumat, 18 NOvember 2022 malam Sabtu.

Baca Juga: Di depan Ribuan Santri, Gus Yaqut Doakan Erick Thohir Jadi Presiden

"Klenteng Sam Poo Kong ini menjadi simbol dari pluralitas yang selama ini menjadi ciri kodrati bangsa kita," ujar Yaqut yang akrab dipanggil Gus Yaqut.

Lebih lanjut Gus Yaqut mengatakan, Festival di Sam Poo Kong itu mengingatkan bahwa pluralitas memiliki dua sisi yang bertolak belakang seperti mata uang. Pluralitas bisa menjadi sebuah energi untuk mencapai tujuan dan target besar kita. Sebaliknya pluralitas juga bisa menjadi alat pemecah belah di antara kita.

"Kami di Kemenag menggagas Moderasi Beragama karena ingin menjadikan pluralitas sebagai energi dan alat untuk mencapai tujuan atau target bersama, bukan untuk memecah belah satu dengan lainnya," tegas Gus Yaqut.

Menuruutnya, bangsa Indonesia merdeka dan berjaya karena mampu menjaga pluralitas. Caranya, dengan memahami satu di antara lainnya.

"Moderasi Beragama dimaksudkan untuk menjaga masing-masing kita agar menjadikan pluralitas yang menjadi kodrat kita sebagai bangsa Indonesia, menjadi sebuah kekuatan dan bukan sebaliknya," tuturnya.

Baca Juga: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas : Santri Tak Boleh Merasa Istimewa

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X