Ramalan Jodoh: Berdasarkan Neptu, Pasangan Ini Cocok Bagi Weton Sabtu Pon

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 09:30 WIB
Ilustrasi jodoh weton Sabtu Pon menurut Primbon Jawa (pixabay.com)
Ilustrasi jodoh weton Sabtu Pon menurut Primbon Jawa (pixabay.com)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Menurut sebagian masyarakat Jawa, perjodohan seseorang tak lepas dari weton dan perhitungan neptu yang bersangkutan. Pemahaman itu merujuk pada Primbon Jawa yang telah ada sejak dulu kala.

Dalam Primbon tersebut, nilai neptu seseorang diperoleh dari bobot hari dan dan rangkapnya. Hari terdiri atas Senin sampai Minggu. Sedangkan rangkap hari terdiri atas Wage, Kliwon, Legi, Pahing, dan Pon. Kedua unsur itu selalu bertemu dengan berganti pasang. Misal Kamis Wage, Jumat Kliwon, Sabtu Legi dan seterusnya. Lantas di waktu kemudian pasangannya berganti misanya menjadi Kamis Kliwon, Jumat Pon dan seterusnya.

Baca Juga: Ramalan Jodoh: Pasangan Hidup yang Cocok bagi Weton Kamis Pahing

Kembali pada persoalan jodoh, berdasarkan Primbon Jawa, kecocokan jodoh dipengaruhi Weton dan Neptu. Misalnya Weton Sabtu Pon memiliki neptu bernilai 16. Angka itu didapat dari penjumlahlan hari Sabtu yang bernilai 9 dan rangkap Pon bernilai 7.

Bermodal neptu 16 akan mempengaruhi jodoh yang cocok bagi weton Sabtu Pon. Dengan neptu 16, weton Sabtu Pon sangat cocok bila bertemu jodoh atau bersanding dengan seseorang yang memiliki neptu weton 8, 13, atau 18. Maka jodoh yang cocok untuk weton Sabtu Pon antara lain weton Selasa Legi, Senin Wage, Minggu Pon, Senin Pahing, Kamis Legi, Jumat Pon, Sabtu Wage, dan Sabtu Pahing.

Jika bertemu jodoh atau bersanding dengan salah satu dari weton itu maka kehidupan rumah tangga weton Sabtu Pon diprediksi akan saling melengkapi satu sama lain, bahagia, tentram, dan langgeng hingga akhir hayat. Namun jika susah mendapatkan jodoh atau tidak mendapatkan pendamping yang cocok dari neptu weton tersebut, bukan berarti hubungan cinta atau kehidupan rumah tangga dari weton Sabtu Pon sangat sengsara, hanya saja akan mengalami beberapa cobaan hidup yang sudah dikaji serta dititeni oleh para leluhur Jawa.

Baca Juga: Ramalan Jodoh: Neptu Ini Cocok Jadi Pasangan Weton Senin Wage

Di sisi lain, orang yang lahir dengan weton Sabtu Pon memiliki sifat suka menolong. Mereka tidak akan pernah ragu-ragu dalam hal mengulurkan tangannya, terlebih untuk orang-orang yang sedang kesulitan.Dari beberapa watak baiknya itulah yang menjadikan kepribadian dari weton Sabtu Pon sangat disukai dan dicintai oleh banyak orang.

Kelebihan lainnya mereka memiliki memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Bahkan weton Sabtu Pon dikenal sebagai sosok yang sangat sabar, bisa menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar, dan tidak mudah tersulut emosi.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X