Kurator Penentu Strategis Keberhasilan Pameran Karya Seni Rupa

- Minggu, 16 Oktober 2022 | 23:54 WIB
Pameran Karya Seni Rupa / mujiyono
Pameran Karya Seni Rupa / mujiyono

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kolom. Publikasi karya seni rupa adalah kegiatan menyajikan atau mempresentasikan karya seni rupa agar keindahan nilai estetisnya dinikmati masyarakat luas.

Karya seni merupakan obyek yang harus dipresentasikan atau disiplay secara optimal sedangkan masyarakat umum atau publik merupakan sasaran dari kegiatan publikasi. Display karya seni dapat melalui ruang galeri virtual dan non virtual.

Publikasi karya seni bertujuan mendapatkan tanggapan dari publik terkait nilai-nilai intrinsik dan ekstrinsik yang melekat pada karya seni tersebut. So, sebuah karya setelah diciptakan perlu didistribusikan di tempat yang memungkinkan masyarakat luas dapat menikmatinya.

Sangat disayangkan, apabila karya seni yang dikerjakan dan bernilai tinggi hanya disimpan saja. Seniman sangat perlu mempublikasikan karyanya untuk memperoleh respon balik sebagai upaya refleksi pengembangan karya yang lebih inovatif.

Hakekatnya seorang seniman yang telah mencipta karya seni rupa punya tanggung jawab untuk memamerkannya. Lantaran eksistensi karya seni rupa akan diakui jika sudah dipublikasikan melalui pameran. Sekadar informasi, karya seni rupa meliputi lukis, patung, grafis dan keramik.

Pameran berperan sebagai medium yang mengkomunikasikan keindahan suatu karya seni rupa agar dapat dinikmati khalayak umum terutama orang awam (publik).

Melalui pameran, karya-karya seniman dapat lebih dikenal oleh masyarakat secara lebih luas.

Meski demikian pameran akan menuai apresiasi masyarakat jika disertai kuratorial yang memadai. Untuk itu, menyiapkan proses kuratorial yang baik menjadi keniscayaan. Sebab kurator punya fungsi strategis atas keberhasilan suatu pameran.

Kurator yang baik mampu mendeskripsikan konsep karya seni rupa secara tepat sehingga dapat mendulang kekaguman publik atas karya yang dipamerkan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X