Sekilas Tentang Perbedaan Batik Pesisir dan Batik Yogya Solo

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:02 WIB
mengenal batik pesisir dan yogya (Foto:  Mahmur Marganti/Unsplash)
mengenal batik pesisir dan yogya (Foto: Mahmur Marganti/Unsplash)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Seni batik merupakan bagian dalam kebudayaan masyarakat Indonesia. Keberadaannya sudah berlangsung sejak lama.

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki seni batik. Tak terkecuali Papua. Wilayah paling timur itu memiliki motif tersendiri pada seni batiknya yang menggambarkan kehidupan bangsa melanesia.

Baca Juga: Lewat Instagram, Batik Tulis Pekalongan Tembus Italia. Simak Kisahnya

Sementara ini, sebagian besar batik berkembang di Jawa. Motif dan corak batik di Jawa sangat beragam. Namun secara garis besar ditilik dari motifnya batik terbagi atas dua yakni Solo- Yogyakarta, dan batik Pesisir seperti di Pekalongan.

Ciri khas batik motif Batik Yogya dan Solo yakni masih memperhatikan pakem dengan motif-motif klasik yang dipengaruhi nilai keraton.

Sedangkan batik pesisir sangat variatif. Perajin memiliki kebebasan kreativitas tanpa batasan pakem. Bahkan ada juga motif batik yang mengacu paham post moderen yakni perpaduan antara seni klasik dengan modern.

Selain itu motif batik Pesisir lebih mengedepankan aspek fungsional. Artinya batik sebatas hiasan yang melengkapi fungsi pakaian atau kain.

Baca Juga: Museum Batik Pekalongan Mendapat Tambahan Koleksi dari Sejumlah Daerah

Sebaliknya di Solo dan Yogya, motif batik mengandung filosofi tertentu dan motif memiliki kekhususan dalam hal penggunaan. Misal suatu motif batik dikhususkan untuk dikenakan saat acara mitoni (7 bulan kehamilan), pernikahan, dan lainnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X