Empat Pantangan Ketika Melewati Malam 1 Suro. Simak Ulasannya

- Kamis, 28 Juli 2022 | 20:57 WIB
Malam 1 Suro  (Ragam Yogyakarta)
Malam 1 Suro (Ragam Yogyakarta)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Satu hari lagi kita akan memasuki tahun baru Hijriyah, 1 Muharam 1444 H yang jatuh pada Jumat, 29 Juli 2022. Bagi masyarakat Jawa 1 Muharam sama dengan 1 Suro menurut kalender Jawa.

Mulainya 1 Suro saat Magrib tiba. Di saat itulah masyarakat Jawa memasuki Malam 1 Suro. Malam tersebut memiliki arti tersendiri bagi sebagian masyarakat Jawa.

Berdasarkan kepercayaan yang berkembang di sebagian masyarakat Jawa, malam 1 Suro merupakan malam keramat, terlebih jika jatuh pada hari Jumat.

Baca Juga: Jodoh yang Cocok Bagi Pemilik Weton Senin Legi. Simak Ulasannya

Kebetulan dalam tahun 2022 ini, malam 1 Suro jatuh pada tanggal 29 Juli 2022, dimulai dari ba’da maghrib. Mengingat adanya kekeramatan saat malam 1 Suro, maka sebagian masyarakat Jawa berpantangan melakukan sejumlah kegiatan. Pun mereka kerap kali menggelar rangkaian ritual dan tradisi yang sakral saat malam 1 Suro.

Hal itu lantaran malam 1 Suro ini dipercaya waktu para lelembut atau setan, jin, genderuwo, kuntilanak, dan sejenisnya akan muncul ke dimensi manusia. Oleh karena itu ada beberpara pantangan yang tidak boleh dilanggar.

Berikut ini beberapa pantangan saat malam 1 Suro.

1. Tidak baik Jika Keluar dari Rumah

Saat malam 1 Suro ini, sebagian masyarakat Jawa dilarang untuk keluar rumah. Pasalnya banyak energi negatif bergentayangan dan berpotensi di luar rumah yang dapat mencelakai manusia.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X