Mengenal Seni Barongan Blora, Mencerminkan Sifat Kerakyatan

- Kamis, 25 November 2021 | 20:03 WIB
Seni Barongan Blora (gesuri.id)
Seni Barongan Blora (gesuri.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Blora. Kabupaten Blora memiliki seni tradisional Barongan. Seni Barongan mengandung nilai budaya yang mencerminkan sifat-sifat kerakyatan warga Blora seperti sifat spontanitas, kekeluargaan, kesederhanaan, kasar, keras, kompak, dan keberanian yang dilandasi kebenaran.

Barongan ada kaitannya dengan kata singo barong karena wujudnya menyerupai singo barong atau singa besar sebagai wujud penguasa hutan angker dan sangat buas. Tokoh tersebut dikenal dengan nama Gembong Amijoyo.

Dalam pementasan barongan terdapat instrumen musik yang mengirinya yaitu dengan Kendang,Gedhuk, Bonang, Saron, Demung dan Kempul.

Penjelasan itu dikemukakan Anggota DPR RI Edy Wuryanto baru-baru ini. Lebih lanjut Edy menyampaikan bahwa Barongan sebagai budaya lokal penting untuk dilestarikan.

Seni Barongan Blora (gesuri.id)

Lebih lanjut Politisi PDI Perjuangan itu menegaskan, generasi milenial jangan cuma tahu 'drakor' (drama Korea) dan K-Pop saja tetapi juga wajib mengenal kesenian tradisional milik sendiri seperti Barong.

"Karena negara kita ini punya beragam kesenian dan budaya yang perlu kita terus lestarikan dan perkenalkan ke dunia Internasional," ujar Edy yang saat ini bertugas di Komisi IX DPR RI.

Edy mengimbau generasi muda tidak malu dengan budaya kita sendiri, karena budaya kita pun banyak yang bagus. Jangan sampai, lanjut Edy, bangsa ini menyesal karena baru mengenal budaya nya setelah budaya tersebut di klaim oleh negara Asing.

"Nah, ini saya perkenalkan salah satu budaya dan kesenian khas Jawa Tengah yang sangat terkenal di Blora, Namanya adalah Barongan," ujar Edy.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Terkini

X